6 Tips Mulai Mengurangi Sampah Dari Diri Sendiri

1 min read

Plastik memang sudah menjadi bagian dari hidup kita, mulai dari peralatan rumah tangga, mainan anak-anak, kantong belanja dan lainnya. Plastik memang membuat semuanya lebih mudah apalagi sebagai kantong belanjaan, karena mudah di bawa, ringan, dan tidak mudah robek,dan tahan lama.Oleh karena itu tanpa sadar kita bergantung pada plastik ini.

 Tidak sadar kah kita berapa banyak plastik yang telah kita pakai lalu kita buang begitu saja menjadi sampah-sampah yang berceceran di jalanan,menumpuk di tempat pembuangan umum. Dan tau kah kalian sampah plastik itu jika di diam kan saja akan lama terurainya, maka dari itu harus di daur ulang dengan semestinya.

 Dan mulai saat ini mari kita menjaga bumi bersama dengan menggurangi sampah plastik, untuk masa depan yang lebih baik. Nah berikut langkah-langkah kecil untuk kita mengurangi sampah plastik:

1.  Biasakan membawa tas kemana saja

Mengapa harus membawa tas kemana saja? karena dengan kita membawa tas maka kita tidak memerlukan lagi kantong plastik, jika kalian berbelanja dan si kasir hendak memasukan belanjaan kalian ke kantong plastik, maka katakan tidak, dan masukanlah belanjaan kalian ke dalam tas kalian.

2.  Membawa tumbler

Dengan kalian membawa tumbler minuman sendiri maka kalian telah meminimalisir penggunaan botol plastik ,dan juga bisa menghemat uang kalian karena membawa minuman sendiri dari rumah.

3. Gunakan kotak bekal makanan

Jika kalianikalian membeli makanan di warung nasi dan untuk menyiasati agar tidak memakai plastik maka sodorkanlah kotak bekal kalian untuk pengganti pembungkus plastik tersebut,dan jangan lupa bawa tote bag untuk menyimpan kotak bekal kalian.

4. Berhenti menggunakan sedotan plastik

Nah sampah sedotan plastik sangat banyak di jumpai di mana saja, karena benda ini termasuk dalam sampah plastik yang penggunaannya sekali pakai saja, maka dari itu mulai saat ini ganti lah sedotan kalian dengan sedotan yang reusable alias yang bisa di gunakan secara berulang-ulang.

5.Batasi Penggunaan Plastik dalam Membungkus Paket

Dewasa ini pengiriman paket sudah menjadi hal yang sangat lumrah. Kita bisa mengganti plastik sebagai media pembungkus dengan barang alternatif lainnya seperti menggunakan kardus ataupun karton. Lapiskan karton dengan tebal agar tidak tembus dan masuk oleh air.

6. Menggunakan Bahan Bekas yang Bisa Dipakai Lagi

Apabila kita sudah habis menggunakan sebotol sampo atau botol jenis lainnya maka botol tersebut janganlah dibuang terutama botol itu masih layak pakai, cuci dan bersihkan saja botol tersebut dan kita cukup membeli sampo isi ulang lalu mengisinya kembali pada botol yang sudah habis tersebut.

 Dan itulah hal-hal beberapa hal yang bisa kita lakuan untuk mengurangi sampah plastik di sekitar kita, semoga dengan hal kecil ini kita dapat menjadikan bumi yang sehat untuk keidupan di masa yang akan datang.

Kerusakan Lingkungan adalah Tanggung Jawab Bersama

Lingkungan sekitar kita yang kurang bersih, banjir dan penyakit dimana-mana bukan kesalahan satu individu bahkan pemerintah. Tapi kita semua lah yang lalai dalam menjaganya dan harus ikut bertanggungjawab dampak dari kelalaian itu. Jika kita ingin lingkungan tempat tinggal sekitar jadi bersih, maka mulailah menjadi pribadi yang bersih terlebih dahulu.

Artikel By : Nafis Fauzan E

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *