Kebutuhan Remaja Pada Masanya

1 min read

Masa remaja adalah perjalanan atau tahap akhir masa kanak-kanak menjadikan awal masa dewasa, sehingga sepanjang perjalanan remaja akan menilai pengalaman yang telah mereka lalui. Dengan berbagai banyak pertanyaan mengenai tumbuhnya identitas diri. Mengembangkan identitas positif pada remaja bisa mngkombinasikan melalui cara kasih, kelakar, kaidah dan koneksi dengan kreatif sehingga remaja akan menyadari dengan berharganya diri mereka, diperhatikan dianugerahi kekuatan dan ketrampilan, serta terkait secara nyata dengan dunia. Dengan demikian, para remaja bisa memanfaatkan keterampilan mereka untuk memberikannya pada masyarakat dan karenanya mereka dihargai.

  • Penghargaan

Bakat remaja akan dipupuk sejak dini, sehingga dengan mudah dilihat dari hobi ataupun segala kegiatan yang mereka sukai di dalam rumah maupun di luar rumah dan menampakkan suatu bakat dalam melakukannya. Bisa juga melalui ilmu pengetahuan umum yang meraka kuasai dalam bidang akademik maupun non akademik, olahraga, musik atau kegaiatan apapun itu. Identitas masa depan remaja menguat ketika mereka mempunyai penyaluran positif untuk mengekspresikan dan mengembangkan bakat-bakat tersebut, bakat merupakan titik tolak untuk membantu remaja merasa dihargai. Ini bisa dapat dicapai dengan cinta yang dinjukkan ataupun tertawa bersama. Rasa penghargaan adalah bagian penting dari kehidupan remaja karena mereka membutuhkannya untuk menjelajah dunia dan mencoba berbagai identitas dengan percaya diri dan penghargaan itu bisa diberi karena prestasi yang telah diraihnya.

  • Rasa Memiliki

Remaja memerlukan kelompok yang memiliki dan dimiliki mereka sebagai motivasi dalam mencari tempat saat mereka mempunyai peran atau tujuan untuk menemukan hubungan positif antar teman dan berada dalam kelompok yang mempunyai kemampuan ataupun bakat yang sama. Dengan belajar banyak hal, menerima bimbingan, serta merasa aman, nyaman dan diterima seperti merasa dalam lingkup keluarga yang ideal. Dengan membangun jembatan dan menciptakan koneksi, membantu remaja memperoleh rasa memiliki yang memberitahu siapa diri mereka apa yang mereka cita-citakan.

  • Kecakapan dan Kepercayaan Diri

Banyak kecakapan remaja berkembang untuk menyelesaikan tugas-tugas sehingga rasa percaya diri menyertai dan kepercayaan diri mendorong remaja berhubungan dengan kaidah dan koneksi. Ketika kecakapan berkembang, untuk mencoba bidang-bidang identitas baru, mengambil risiko positif, memajukan diri sendiri, dan mengembangkan kecakapan. Jika usaha- usaha ini didukung dengan kasih dan kelakar, kegagalan tidak akan terasa  “bencana” hanyalah sementara dan akan berkurang jika sisi positif kecakapan berkembang untuk menyelesaikan tugas-tugasnya . Kecenderungan remaja untuk menganggap segalanya mereka terus diperlihatkan kepada mereka.

  • Kontribusi

Kontribusi adalah hal yang diperhatikan khusus pada remaja dengan memberikan kontibusi, sikap tidak mementingkan diri sendiri, dan kedewasaan menjadikan pertumbuhan positif pada remaja. Diantaranya kontribusi dalam rumah dengan membantu pekerjaan rumah, kontribusi untuk sekolah dan masyarakat, bahkan hubungan spiritualitas yaitu keteladanan yang akan diikuti oleh remaja dalam menjalani kehidupannya.

 

 

Oleh: Sumayyah Alkhantsa, mahasiswa STEI SEBI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *