Kontribusiku Menjadi Generasi Zakat

2 min read

Pada dasarnya manusia diciptakan hanya untuk beribadah kepada Tuhan. Oleh karena itu setiap orang wajib sekali untuk memenuhi perintah tersebut. Sebagaimana telah dijelaskan dalam QS.Adz Dzariyat: 56, Allah berfirman “Dia menciptakan manusia dan jin semata-mata agar mereka beribadah kepada-Nya. Allah menciptakan manusia bukan hanya untuk sekedar tidur, bekerja, makan maupun minum melainkan untuk melengkapi bumi ini dan beribadah kepada-Nya”. Di dalam hidup ini, kita tak perlu berupaya untuk menjadi seseorang yang disegani, apalagi ditakuti. Tetapi jadilah seseorang yang berguna bagi siapapun di sekeliling diri kita. Kita wujudkan jiwa kepemimpinan dalam diri kita, agar diri kita bisa menjadi seseorang yang menginspirasi orang lain.

Mengapa Harus Menjadi Pribadi Yang Bermanfaat? Menarik sekali, banyak tulisan yang membahas pentingnya menjadi pribadi yang bermanfaat. Mengapa banyak orang yang tertarik tentang bahasan ini, sebab ini salah satu perintah Rasulullah saw kepada umatnya. Sabda beliau: “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.” (Hadits Riwayat ath-Thabrani) Menjadi pribadi yang bermanfaat adalah salah satu karakter yang harus dimiliki oleh seorang Muslim. Seorang Muslim lebih diperintahkan untuk memberikan manfaat bagi orang lain, bukan hanya mencari manfaat dari orang atau memanfaatkan orang lain. Ini adalah bagian dari implementasi konsep Islam yang penuh cinta, yaitu memberi. Karena hidup bukan tentang apa yang kita dapatkan tapi tentang apa yang kita berikan.

Saya Ahmad Ibrahim Miftahul Haq, lahir di Jakarta tanggal 27 April 2001. Saya memiliki jiwa sosial yang baik, terutama dalam bergaul dengan orang lain. Salah satunya dalam berkomunikasi. Saya sering sekali yang memulai dalam sebuah percakapan dengan teman, dan mencari bahasan atau sebuah topik untuk di diskusikan. Oleh karena itu saya sangat terbiasa sekali untuk hal seperti ini. Dan kalaupun menghadapi orang baru, saya juga merasa tidak malu untuk melakukan hal tersebut. Karena ini sudah menjadi kebiasaan saya sejak lama untuk memberanikan diri berkomunikasi dengan orang. Hal itu yang membuat saya sangat percaya diri dalam bersosialisasi di lingkungan masyarakat. Dampak positif bagi saya adalah sekarang sangat merasa enjoy untuk bisa berbicara didepan umum atau banyak orang. Saya juga memilkin jiwa kreatifitas yang tinggi, karena dari diri pribadi sangat menyukai yang namanya perbedaan. Dalam artian, perbedaan yang dimaksud dengan tujuan supaya muncul hal-hal baru yang sebelumnya tidak ada.

Dan kesimpulannya adalah bisa melakukan inovasi-inovasi melalui kreatifitas yang ada. Tak lupa juga saya sangat tekun akan suatu hal yang dinginkan, sehingga sangat semangat sekali untuk menggapainya. Karena menurut saya, apa yang saya inginkan itu sangat berarti bagi saya terlebih kalo menyukai hal tersebut semakin bertambah energy dan semangatnya. Saya juga sangat senang ketika ada hal – hal yang baru untuk mengetahuinya. Saya juga merupakan orang yang tidak mudah menyerah. Karena  percaya akan proses, dan hasil sudah ada yang mengatur. Sebab tugas saya hanyalah focus untuk perjuangan. Sering saya gagal menggapai impian dan harapan namun saya selalu bangkit dan berusaha untuk mencapainya, sebab ketika saya terus terpuruk saya tidak akan mendapatkan apapun dan saya akan semakin terpuruk. Saya juga menyadari saya orang yang pelupa, namun saya selalu berusaha untuk menghindari kekurangan saya. Saya selalu berusaha untuk tidak mendengarkan segala apapun yang dapat menyurutkan semangat saya. Saya selalu yakin dengan diri sendiri dan selalu konsekuen dengan keputusan yang saya buat.

Rencana pasca lulus, tentunya yang pertama saya ingin menjadi wirausaha. Alasan saya ingin menjadi wirausaha adalah karena sudah menanamkan dalam diri bahwa mindset saya itu menjadi seoarang entrepreneur. Entrepreneur adalah seseorang yang menciptakan bisnis baru ditengah banyaknya resiko dan ketidakpastian sebagai sebuah tujuan untuk mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan mengidentifikasi peluang dan mengumpulkan sumber daya yang penting sebagai modal utama. Maka dari itu balik lagi ke awal tulisan ini, dimana kita sebagai manusia harus bisa bermanfaat untuk orang lain. Dengan adanya mindset ini, kita dapat bervalue bagi orang lain, terutama mereka yang membutuhkan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dan dimana seorang entrepreneur itu memiliki kepribadian yang luas. Dia fokusnya tidak hanya satu saja, tapi bisa ke yang lain juga. seorang entrepreneur tidah hanya menjadi pembisnis saja tapi juga harus bekerja, dalam artian kita tidak hanya bersantai begitu saja karena sudah punya karyawan, tapi tetaplah harus bekerja agar diri ini terus berkembang terlebih melakukan kegiatan yang positif agar menjadi pribadi yang produktif.

Alasan lain saya adalah karena jurusan yang saya ambil di masa perkuliahan sekarang ini adalah manajemen bisnis syariah. Secara umum tujuan dari jurusan ini adalah supaya bisa mengelola bisnis dengan baik, terutama dengan system yang sudah di ajarkan dalam agama islam. Maka dari itu saya ingin mengimplementasikan hasil pembelajaran saya selama di msa aperkuliahan ini, agar seluruh ilmu yang telah didedikasikan oleh dosen-dosen kami bisa bermanfaat serta mereka mendapat kebaikan-kebaikan atas ilmunnya. Yang kedua bekerja disalah satu lembaga zakat. Karena saya ingin menjadi orang yang bermanfaat untuk masyarakat, terlebih bekerja di salah satu lembaga zakat yang ada di Indonesia.. Alasan dan yang menjadi latar belakang saya untuk memilih bekerja di tempat atau lembaga zakat karena salah satu cara saya agar bisa bermanfaat untuk orang lain. Karena dengan kita  seksama membantu orang adalah bentuk ketakwaan kita terhadap Allah SWT.

 

 

Oleh: Ahmad Ibrahim Miftahul Haq, Mahasiswa  STEI SEBI

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *