Memanage Waktu Dengan Sebaik-baiknya

1 min read

Dalam kehidupan kita tidak luput dari waktu, kadang kita kerap kali mengucapkan waktu sangat lah berharga, waktu adalah uang, waktu bagaikan emas dan banyak lagi. Tidak dipungkiri waktu memang sangat berharga dalam memanage. Ketika kita sudah mulai beranjak dewasa tidak sedikit dari kita yang menyesal atas kelalaian kita terhadap segala hal. Dimulai dari kekurangan pengalaman, ilmu, bahkan keharmonian bersama keluarga.

Dalam islam, waktu adalah hal yang penting karena jika tidak dimanfaatkan dengan baik, maka akan menghasilkankerugian yang amat besar, yang seharusnya diisi dengan hal yang baik baik, tetapi malah menyianyiakannya, bukankah itu termasuk hal yang merugi?. Sudah sepatutnya kami sebagai umat nabi Muhammad untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik baiknya, diisi dengan amal amal yang bukan saya bersifat duniawi tetapi menabung untuk di akhirat nanti, seperti  membaca Alquran setiap hari, membantu orang lain, tidak bermalas malasan. Allah berfirman dalam Quran Surah Al-Ashr ayat 3 yang berbunyi  “Demi masa  Sesungguhnya, manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat- menasehati supaya menaati kebenaran dan nasehat-menasehati supaya menetapi kesabaran.”

Berikut adalah ringkasan habib nabiel tentangmengatur waktu dengan baik:

  1. Berlombalah dalam melakukan kebaikan, untuk mengejar jannatul firdaus
  2. Kainkafan tidak ada kantongnya, hanya amal yang tersisa dan dibawa
  3. Hendaknya selalu belajar dari waktu ke waktu dengan melihat dampak melalaikuan waktu

 

Dalam riwayat Bukhari, Tirmidzi dan Ibnu Majah bahwa Rasulullah SAW bersabda:

 

نِعْمَتَانِ مَغْبُوْنٌ فِيْهِمَا كَثِيْرٌ مِنَ النَّاسِ: الصِّحَّةُ وَالفَرَاغُ

Yang artinya “Dua nikmat yang banyak manusia tertipu di dalam keduanya, yaitu nikmat sehat dan waktu luang.”

Abdul Fattah bin Muhammad dalam Qimatuz Zaman ‘Indal ‘Ulama menjelaskan bahwa kata “tertipu” dalam hadis tersebut bermakna merugi.

 

 

Nikmat sehat adalah hal yang patut disyukuri, karena hal tersebut memudahkan manusia dalam melakukan aktifitas, banyak orang yang fisiknya tidak sehat namun mereka berlomba lomba dalam persiapan akhirat, jangan sampai kita menjadi orang yang merugi karena tidak memanfaatkan waktu luang dalam keadaan sehat fisik.

Hendaknya kita menggunakan waktu sebaik-baiknya agar kita tidak termasuk sebagai orang yang merugi, ketika kita dapat memanage waktu dengan baik maka kita tidak akan pernah menyesali di kemudian hari , manajemen waktu yang baik akan menghasilkan  hal yang lebih besar dalam periode waktu yang lebih singkat yang mengarah ke  lebih banyak kebebasan waktu, membantu kita fokus lebih baik, menjadikan kita lebih produktif, dapat menurunkan stress dan memberikan kita lebih banyak waktu untuk di habiskan dengan sebaik-baiknya.

Pentingnya mengatur waktu ialah untuk menciptakan keseimbangan yang sehat dalam melaksanakan kegiatan yang dilakukan sesuai waktu yang di laksanakan. Jadi, semoga kita dapat memanage waktu dengan sebaik-baiknya.

 

 

Oleh: Rahmadani mamina, Mahasiswa STEI SEBI

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *