Menjadi Generasi Muda Untuk Menjaga Agama Islam Yang rahmatan lil ‘alamin

1 min read

Dalam hidup ini kita tidak akan jauh-jauh dari yang namanya masalah, mau dari masalah yang terkecil atau sepele sampai yang terbesar. Namun jika tidak ada masalah, kita tidak bisa untuk meng-upgrade diri, menjadi dewasa, menjadi versi kita yang lebih baik, belajar memahami suatu hal, dan lain sebagainya. Dan dengan masalah-masalah yang kita hadapi, Allah swt. Sedang menaikkan level kita, menjadi pribadi muslim/muslimah yang luar biasa. Seperti Firman Allah swt. Pada Al-qur’an surah Al-Baqarah ayat 286.

لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا ۗ

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya… (AL-Baqarah:286).

Dari ayat di atas, dapat disimpulkan bahwa masalah-masalah yang kita hadapi dapat kita atasi. Bagaimana kita dapat mengatasinya? Bagaimana kita me-manage masalah tersebut? Bagaimana kita mendapatkan solusinya? Jangan lupa bahwa Allah swt. Itu Maha Baik, kita dipertemukan oleh orang-orang shalih dimana saja, seperti teman-teman dan guru. Dengan itu bisa membuat komunitas atau mentoring dengan orang-orang luar biasa.

Apa itu mentoring?

Mentoring adalah proses umpan balik yang terus menerus dan dinamis antara dua individua tau lebih untuk membangun hubungan antara individu yang memiliki pengetahuan, keterampilan, informasi dan dengan fokus pada pengembangan professional dan pribadi. Mentoring merupakan sarana yang didalamnya terdapat kegiatan pembelajaran. Mentoring bertujuan memberikan dukungan kepada individu-individu sehingga mampu mengatasi masalah yang dihadapi.

Mentoring dapat membantu meningkatkan kemampuan menghadapi transisi dalam kehidupan, menambah keimanan kita yang sedang turun. Tujuan mentoring adalah menuju kepada lahirnya generasi islami, rumah tangga islami, masyarakat islami bahkan hingga negara dan khilafah Islamiyah. Dengan seurgensi mentoring tersebut, seyogyanya setiap generasi muda islam ini ikut aktif dan mengambil peranan dalam setiap jenis usaha untuk kebangkitan Islam.

Manfaat Mentoring

Manfaat yang didapat pun juga banyak, seperti yang sudah disebutkan di atas, dan memiliki banyak teman, bisa menjadi tempat curhat, membentuk kepribadian yang utuh, hidup semakin terarah, mendapat wawasan keislaman, dan mendapatkan pahala.

Mentoring memang bukan segalanya,, namun dengan mentoring ini kita akan dibimbing secara bertahap dari ilmu yang satu ke ilmu yang lain. Kegiatan mentoring ini disertai dengan penuh kasih sayang, kelembutan hati, perhatian, bijak serta menyenangkan (tidak membosankan). Disana juga kita akan dibina dengan akhlak islami, serta motivasi-motivasi untuk belajar sehingga bisa menjadi pelajar yang cerdas hati dan pikiran. Allah swt. Berfirman dalam qur’an surah Ali Imran ayat 79:

“Tidak wajar bagi seorang manusia yang Allah berikan kepadanya Alkitab, hikmah dan kenabian, lalu ia berkata kepada manusia, ‘hendaklah kamu menjadi penyembahku, bukan penyembah Allah’. Akan tetapi (dia berkata),’hendaklah kamu menjadi orang- orang Rabbani, karena kamu selalu mengajarkan Alkitab dan disebabkan kamu tetap mempelajarinya.”

Maka dari itu lah menuntut ilmu hukumnya wajib bagi setiap muslim, utamanya mempelajari Agama Islam. Dengan ilmulah kita akan berfikir lebih cerdas, dengan ilmulah kita akan mampu mengubah wajah dunia, dengan ilmulah derajat kita akan terangkat, dengan ilmulah orang lain tak kan mampu merampas pengetahuan kita dan ilmu akan tetap abadi sampai orang yang berilmu itu wafat.

Masya Allah sekali dengan kita mengikuti mentoring, mendapat begitu banyak manfaat dalam kehidupan kita. Denga begitu banyak manfaatnya, jangan sampai kita tidak mengikuti dan istiqomah untuk mengikuti nya sampai tua nanti.

Dan menjadi penerus yang membimbing generasi muda agar ajaran agama Islam yang rahmatan lil ‘alamin ini tidak ada yang bisa mengubahnya lagi, tidak dicampur-campur dengan pemikiran-pemikiran baru. Semangat menjadi Muslim/Muslimah sejati!

Sumber :

https://www.kompasiana.com/wiranota.hesti/54f97e65a33311f1068b51f1/mengenal-tarbiyah-lebih-dekat

https://ldfaliqtishad.wordpress.com/2017/02/28/manfaat-mentoring-liqo/

https://www.kajianpustaka.com/2019/12/mentoring-pengertian-fungsi-unsur-jenis-dan-tahapan-kegiatan.html

 

Oleh: Nur Azmi Syahidah Mahasiswa STEI SEBI

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *