Pentingnya Negosiasi Bisnis untuk Mencapai Kesepakatan kerjasama

2 min read

Negosiasi merupakan satu dari sekian banyak hal yang sering ditemui dalam sebuah bisnis. Aktivitas ini umumnya dilakukan untuk memperoleh titik temu terbaik antara pengusaha dengan supplier, pengusaha dengan costumer, pengusaha dengan pemberi modal, dan sebagainya. Negosiasi bukan hanya problem harga, tapi juga bisa dilakukan dalam menjadikan kontrak kerja sama, ekspansi bisnis, penamanan modal bisnis, dan berbagai macam hal lainnya yang begitu banyak. Negosiasi ini umumnya diagendakan karena ada satu individu atau pihak  yang merasa kurang cocok atau kurang pas terhadap suatu hal, maka perlu adanya kesepakatan kembali melalui sebuah upaya negosiasi. Pada artikel kali ini,  mengenai negosiasi bisnis dan point-point utama di dalam negosiasi yang harus Anda pahami.

Apa itu Negosiasi?

Negosiasi yaitu tindakan tawar menawar yang dirasa harus dikerjakan sebelum terjadi sebuah kesepakatan antara kedua  pihak yang melakukan aktivitas negosiasi. Hal ini terjadi oleh belum ketemunya kesepakatan antara pihak satu dan pihak lainnya , oleh karena itu salah satu pihak tersebut merasa harus adanya  penawaran kembali hal yang berlangsung pada saat dibahas. Negosiasi tidak cuma dikerjakan untuk mendapatkan perjanjian, kesepakatan, ataupun kerjasama, tetapi juga dalam upaya untuk menyatukan pengambilan keputusan orang lain.

Keberlangsungan negosiasi umumnya  terjadi  antara dua belah pihak, akan tetapi tidak jarang juga mengikut sertakan pihak ketiga yang umumnya dikenal sebagai negosiator atau orang yang mempunyai kemampuan  negosiasi dan juga etika komunikasi bisnis yang baik. Upaya ini bersifat resmi dan terikat dengan waktu dan tempat yang terbatas.

Tujuan Negosiasi

Tujuan prioritas negosiasi yaitu mendapatkan titik temu bersama atas suatu hal yang diperselisihkan. Tidak hanya itu, negosiasi juga mempunyai beberapa  tujuan sebagai berikut :,

  • Menyelesaikan sengketa atau perselisihan yang muncul akibat perbedaan sudut pandang dalam sebuah negosiasi.
  • Memperoleh kesepakatan dan solusi dari perbedaan gagasan atau ide.
  • Menjauhi hal-hal buruk yang mampu muncul dari bisnis yaitu perbedaan pendapat dan perkelahian akibat tidak ada kedua pelah pihak yang mau mengalah dan mendengarkan pendapat pihak lain pada saat terjadi problem di masa yang akan datang.
  • Mengabungkan beberapa perbedaan gagasan atau ide supaya didapatkan kesepakatan bersama.

Teknik Negosiasi

Pada saat  akan melakukan upaya negosiasi, umumnya salah satu pihak yang merasa keberatan dari keputusan akan mengutarakan pendapat kepada pihak lainnya. Selanjutnya akan dilanjutkan dengan pihak kedua yang menyanggah gagasan atau ide perihal yang disampaikan oleh pihak pertama atau pihak yang menyampaikan gagasan atau ide di awal. Apabila pihak kedua langsung setuju dengan gagasan atau ide  pihak pertama, maka negosiasi tidak harus dilakukan. Akan tetapi , apabila pihak kedua tidak setuju dan mempunyai gagasan atau ide lain mengenai suatu hal tersebut, maka akan dilakukan negosiasi sampai ketemu kesepakatan antara kedua belah pihak.

Banyak macam cara yang mampu dilakukan pada saat proses negosiasi, diantaranya melalui komunikasi satu arah yang dilakukan dengan cara bermusyawarah.  Negosiasi yang baik perlu dilakukan oleh seseorang yang mengetahui kapan perlu melakukan negosiasi dan kapan harus menghentikan pembicaraan untuk mendengarkan pendapat yang diutarakan pihak lainnya. Kita sebagai negosiator harus melihat dan membaca kondisi dan keadaan; baik kondisi psikologis lawan bicara ataupun suatu hal lain yang ingin dinegosiasikan. Kita mampu mengendalikan strategi lainnya pada saat bernegosiasi. Dalam negosiasi ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, diantara nya yaitu :

Merencanakan target pencapaian negosiasi

Melalui adanya target negosiasi, kita mampu lebih fokus pada saat melakukan negosiasi. Kita juga tidak akan gampang dipengaruhi atau didoktrin oleh kesepakatan yang bukan pencapaian negosias

Melakukan penelitian yang komprehensif

Pada saat akan melakukan negosiasi, perlu adanya kita melakukan riset untuk menambah informasi dan wawasan terkait negosiasi. Ini mampu menjadi salah satu pondasi gagasan yang mampu kita gunakan dalam sebuah diskusi negosiasi.

Fokus tujuan utama negosiasi

Seringkali negosiasi menjadi tidak sebentar karena tidak sesuai dengan tujuan awal. Perlu diperhatikan untuk membuat batasan dalam bahasan isu isu yang ingin dibahas. Jangan sampai hal yang dibahas dalam diskusi menjadi tidak fokus dan melebar  hingga keluar dari topik yang akan di bahas.

Bersikap adil dengan gagasan orang lain

Pada saat diskusi jangan sampai kita berlaku egois dan hanya mementingkan pendapat pribadi. Mari terbuka dan mendengarkan pendapat orang lain saat bicara, juga selalu pikirkan pada setiap bisnis pasti akan ada risiko atau hal yang dikorbankan. Hal ini akan membuat lawan bicara menjadi merasa nyaman dan mampu membuat proses negoPentingnya Negosiasi Bisnis untuk Mencapai Kesepakatan kerjasamasiasi menjadi lebih efektif.

Mempersiapkan alternatif win-win solutions

Proses negosiasi memiliki batas waktu. Di mana, jika tidak ada kesepakatan hingga batas waktu yang telah disepakati, maka kesepakatan dianggap batal ataupun menambah waktu diskusi lagi. Jika hal ini terjadi, Anda bisa menawarkan kesepakatan lain yang menguntungkan kedua belah pihak.

Hal yang perlu Dihindari pada saat Negosiasi

Upaya negosiasi tidak mampu dianggap biasa remeh. Di mana, uppaya ini umumnya akan memakan banyak waktu, energi, dan juga uang. Supaya upaya negosiasi berjalan dengan efektif dan sesuai dengan tujuan yang akan diperoleh, ada beberapa hal yang perlu dihindari dalam negosiasi, seperti:

  • Terlalu mempertahankan gagasaan atau
  • Melihat sebuah probelem atau isu dari sudut pandang kita sendiri;
  • Memperdebatkan semua hal dan terlalu ingin memenangkan perdebatan;
  • Menyalahkan dan menyerang pihak lain; dan
  • Ikut terbawa emosi.

Artikel By : Nadia Syifa Fauziah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *