Perbedaan Zakat, Sedekah, dan Wakaf

1 min read

Apa Tujuan Syariah?

“Sesungguhnya syariah bertujuan untuk mewujudkan kemashlahatan dunia dan akhirat”, Sebuah konsep seorang ulama bernama Asy-Syaitibi yang bernama maqashid syariah. maqashid syariah adalah tujuan yang ingin dicapai oleh syariat agar kemashlahatan manusia bisa terwujud. Secara umum, maqashid syariah memiliki tujuan untuk kebaikan atau kemashlahatan umat manusia. Tujuan ini sejalan dengan tujuan dari hukum Allah yaitu kebaikan.

Salah satu dari lima pembagian maqashid syariah adalah untuk melindungi harta.  Maqashid syariah untuk melindungi harta menjamin bahwa setiap orang yang berhak memiliki kekayaan harta benda dan merebutnya dari orang lain merupakan hal yang dilarang. Baik dalam bentuk pencurian, korupsi, dan lain sebagainya. Contoh penerapan hal ini dilakukan dengan cara melaksanakan jual beli, mencari rizki, larangan memakan riba dan hingga melakukan ZISFAW. Lantas apa itu ZISFAW? Apakah definisi, perbedaan dan persamaan dari ZISFAW?

Apa Itu Zakat?

Zakat Berarti “Tumbuh dan Bertambah”, juga bisa berarti berkah, suci, subur dan berkembang maju, dan menurut syara’ adalah sebagian harta yang wajib diberikan kepada orang-orang tertentu, dengan syarat-syarat tertentu pula sebagaimana yang telah dijelaskan dalam al-qur’an dan sunnah.

Apa Itu Sedekah ?

Sedekah berasal dari kata “Shadaqa” yang artinya “benar”, dan menurut syara’ adalah pengeluaran sukarela yang di lakukan seseorang setiap kali ia memperoleh rezeki, sebanyak yang ia hendaki pengeluarannya.

Apa Itu Wakaf ?

Wakaf adalah perbuatan hukum wakif untuk memisahkan atau menyerahkan sebagian harta benda miliknya untuk dimanfaatkan selamanya atau jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah atau kesejahteraan umum menurut syariah

Dikutip dari buku Fikih Muamalah Kontemporer oleh Ustadz Dr. Oni Sahroni, MA, beliau membahas mengenai kesamaan dan perbedaan antara zakat, sedekah dan wakaf yaitu:

ketiganya merupakan donasi sosial dan transaksi sosial bukan untuk bisnis, dimana setiap orang yang bersedekah atau berzakat mengharapkan pahala dan ridho dari Allah SWT, tidak ada imbal hasil, keuntungan materil sebagaimana dalam bisnis.

Perbedaan antara zakat, sedekah dan wakaf

Perbedaan antara zakat, sedekah dan wakaf yaitu:

  • Dilihat dari Aspek Hukumnya

Zakat itu hukumnya wajib ditunaikan, seperti halnya zakat fitrah bagi yang telah memenuhi rukun dan syaratnya. Sedangkan sedekah, indak, dan wakaf itu hukumnya sunah, berpahala jika dikerjakan dan tidak berdosa jika tidak dilakukan.

  • Dilihat dari Aspek Penerima Manfaatnya (Mustahik)

Zakat diperuntukkan untuk delapan kelompok penerima manfaat sebagai mana dalam firman Allah

 

اِنَّمَا الصَّدَقٰتُ لِلْفُقَرَاۤءِ وَالْمَسٰكِيْنِ وَالْعَامِلِيْنَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوْبُهُمْ وَفِى الرِّقَابِ وَالْغَارِمِيْنَ وَفِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَابْنِ السَّبِيْلِۗ فَرِيْضَةً مِّنَ اللّٰهِ ۗوَاللّٰهُ عَلِيْمٌ حَكِيْمٌ  .

“Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang miskin, amil zakat, yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk (memerdekakan) hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang yang berutang, untuk jalan Allah dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai kewajiban dari Allah. Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana”. (At-Taubah[9]: 60)

  • Dilihat dari Sumber Alokasinya

Zakat, infak, dan sedekah yang dialokasikan untuk penerima manfaat adalah pokok dan benefitnya. Berbeda dengan wakaf, yang dialokasikan adalah manfaatnya, sedangkan pokoknya tidak boleh dialokasikan, tidak boleh berkurang, dan tidak boleh berpindah kepemilikan.

Dari 3 poin di atas dapat kita lihat mengenai perbedaan antara zakat, wakaf, dan sedekah, ke tiganya merupakan amalan baik yang Allah perintahkan kepada kita sebagai umat islam, ketiganya pula yang dapat menjadi amal penolong kita di akhirat kelak, jangan lelah untuk terus mengamalkan kebaikan semasa kita hidup di dunia.

 

 

Oleh: Andi Bolqiah Hukum Ekonomi Syari’ah, Semester 5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *