Tips Jitu Bernegosiasi Dalam Islam..!

2 min read

Definisi negosiasi

Apa itu negosiasi ? Negosiasi adalah tawar menawar atau metode untuk menyelesaikan perbedaan yang ada. Biasanya terjadi karena belum adanya kesepakatan kedua belah pihak.

Kemudian apa yang di maksud dengan negosiasi bisnis ? Negosiasi Bisnis Adalah proses terjadinya diskusi antara dua perusahaan atau dua orang dengan rencana/pendapat yang berbeda untuk mencapai sebuah kesepakatan bersama dengan tujuan saling menguntungkan. ketika kita melakukan negosiasi yang kita bahas bukan hanya membahas masalah harga namun dapat dilakukan juga dalam membuat suatu kontrak kerja sama, investasi bisnis, dan lain lain.

Di dalam dunia usaha, ilmu manajemen saja tidak cukup tetapi, sangat dibutuhkan pemahaman negosiasi bisnis agar cepat menyelesaikan perselisihan dan mencapai kesepakatan bersama. jika kita melakukan proses negosiasi, biasanya sering terjadi salah satu pihak ada yang keberatan atas suatu keputusan tersebut maka mereka akan menyampaikan pendapat kepada pihak lainnya. Proses selanjutnya akan dilanjutkan oleh pihak kedua yang menanggapi pendapat mengenai apa yang disampaikan oleh pihak pertama.

Prinsip mengambil keputusan ketika bernegosiasi

Ada tiga prinsip dalam mengambil keputusan : yang pertama keberanian untuk bersikap rasional, yang kedua berfikir kreatif, maksudnya adalah memahami dan menghadapi kompleksitas masalah, hindari godaan terburu – buru ke pilihan pertama yang muncul di dalam pikiran, Gunakan waktu 1,5 jam untuk mengeksplorasi. Ketika kita melakukan Negosiasi, proses negosiasi ini biasanya melibatkan pihak ketiga yang disebut dengan negosiator, negosiator adalah orang yang memiliki skill negosiasi dan mempunyai etika komunikasi yang baik.Seorang negosiator diharuskan mampu membaca situasi kapan ia harus melanjutkan negosiasi atau harus menunggu terlebih dahulu. Negosiasi, bukan hanya menyampaikan pendapat tetapi harus mendengar dan memahami apa yang disampaikan lawan bicara atau pihak yang diajak negosiasi. Sehingga, kita bisa mengatur strategi lainnya dalam bernegosiasi.

Kesalahan yang sering terjadi ketika bernegosiasi

Ketika kita melakukan negosiasi bisnis, biasanya ada beberapa kesalahan yang sering terjadi, meskipun terlihat sepele, tetapi dampak yang disebabkan bisa berbahaya lho. Nah sepeti apa sih kesalahan yang biasa dilakukan saat terjadinya negosiasi bisnis ? yang pertama persiapan yang tidak matang, jika riset dan persiapan negosiator tidak matang, kemungkinan besar meraka akan kehilangan percaya diri dan akan terlihat tidak serius dimata lawan bicara. Yang kedua memiliki ego yang besar, hal ini terjadi karena seorang negosiator berasal dari perusahaan yang besar, sehingga mereka enggan mendengar pendapat lawan bicara mereka,hasilnya kesepakatan tidak terjadi karena tidak ada tawaran yang saling menguntungkan.

kesalahan yang terakhir kita tidak yakin suatu aspek tidak bisa dinegosiasikan, terkadang dalam sebuah negosiasi seorang negosiator biasanya akan berada di sebuah posisi yang kurang menguntungkan, negosiator akan menganggap bahwa tidak ada lagi aspek menguntungkan yang mereka tawarkan, nah oleh karena itu tetaplah bersikap tenang dan coba pikirkan kembali aspek-aspek yang dapat di negosiasi kan.

Dalam menjalankan suatu kegiatan bisnis, disini pengusaha dituntut memiliki skill bernegosiasi agar tercapainya kesepakatan yang menguntungkan antara kedua belah pihak. Disini saya akan memberi sebuah per-misalan, ketika sebuah perusahaan ingin bekerja sama dengan pihak supplier, kita atau negosiator harus melakukan negosiasi untuk mendapatkan harga yang sesuai, atau ketika ingin melakukan kerjasama bisnis negosiator harus bisa bernegosiasi untuk mendapatkan kesepakatan yang menguntungkan. Maka dari itu, ketika kita melakukan negosiasi penting sekali kita mengedepankan suatu tujuan yang telah dirancang bersama agar kebutuhan kedua belah pihak terakomodir dan sama-sama mendapatkan manfaat atau bisa disebut dengan win-win solution.

Tips – Tips agar negosiasi mencapai kesepakatan bersama

apa saja sih tips tips agar negosiasi dapat mencapai kesepakatan terbaik yang dapat menguntungkan bisnis kita ?

  • Pertama lakukan riset tentang pihak lain,
  • Kedua sampaikan sebanyak mungkin informasi yang relavan,
  • Ketiga tentukan batas waktu negosiasi,
  • Keempat tetap bersikap profesional,
  • Dan yang terakhir buat kontrak atau perjanjian.

Nah jadi gimana sih cara mendapatkan hasil negosiasi terbaik? Cara mendapatkan negosiasi terbaik kita bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan ahli bisnis, hukum atau negosiator yang tepat, sehingga hasil dari negosiasi tersebut bisa sesuai dengan tujuan bisnis yang sedang kita jalankan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *